Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral News Properti

Iklan

Apa itu Autoclaved Aerated Concrete AAC Bata Ringan

09 June 2021, 11:55 AM WIB Last Updated 2021-12-05T10:07:35Z

 


Apa itu Autoclaved Aerated Concrete AAC Bata Ringan, Saat ini banyak orang yang menggunakannya.


Sejarah Proses Pembuatan Bata Ringan
Bata Ringan pertama kali berasal dari swedia (1923) kemudian dikembangkan oleh Joseph Hebel (1943) merupakan produk inovasi baru,apabila dibandingkan dengan teknologi bata merah (7,000 SM). Awalnya pembuatan bata ini bertujuan mengurangi penggundulan hutan, melalui pengembangan lanjutan hasilnya, beton ringan aerasi ini dianggap sempurna, menjadi material bangunan yang ramah lingkungan, kuat, tahan lama, mudah dibentuk, efisien, dan berdaya guna tinggi.

 

Sejak tahun 1980-an, AAC Block semakin banyak digunakan dalam industri konstruksi di berbagai belahan dunia karena karakteristik AAC yang ringan tapi kuat, sehingga dapat mengurangi biaya struktur bangunan. AAC Block juga dikenal sebagai bahan yang memiliki sifat insulasi temperatur dan kedap suara yang baik, serta ramah lingkungan. Di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan bata ringan atau hebel.

 

Penggunaan bahan-bahan alam dalam teknologi produksi bahan bangunan seperti pasir kuarsa dan kapur sudah dikenal sejak akhir abad ke-19. Pada awal abad ke-20 proses produksi tersebut ditingkatkan dengan diperkenalkannya penambahan sistem tekanan uap air pada perawatannya (steam curing).

 

Ini merupakan titik awal diperkenalkannya suatu material bahan bangunan baru, yakni Beton Ringan Aerasi / Autoclaved Aerated Concrete (AAC).

 

Beton Ringan Aerasi / Autoclaved Aerated Concrete (AAC) merupakan bahan bangunan yang ringan dengan kekuatan tinggi dan kemampuan insulasi yang sangat baik.

 

Kekuatan material ini diperoleh dari proses perawatan dengan menggunakan tekanan uap air pada mesin autoclave. Proses pengembangan menghasilkan pori-pori yang tak terhitung jumlahnya. Keseluruhan proses dan substansi yang dihasilkan, memberikan karakteristik mekanik dan fisik Beton Ringan Aerasi atau AAC Block yang luar biasa.

 



Proses Pembuatan


Produk ini umumnya digunakan oleh pabrikan dengan investasi yang besar. Bahan baku yang digunakan adalah Semen, Pasir kwarsa , CaO (Kapur bakar), Aluminium pasta (Al) sebagai bahan pengembang (pengisi udara secara kimiawi).

Semua bahan baku dicampur sempurna, setelah itu akan mengembang selama 7-8 jam. Alumunium pasta yang digunakan dalam adonan tadi, selain berfungsi sebagai pengembang ia berperan dalam mempengaruhi kekerasan bata. Volume aluminium pasta ini berkisar 5-8 persen dari adonan yang dibuat, tergantung kepadatan yang diinginkan. Adonan beton aerasi ini lantas dipotong sesuai ukuran dengan kawat dan dimasukkan Autoclave Chamber

Setelah proses autoclave bata masih mengandung air sebanyak 25%, sebaiknya disimpan sampai 3-4 hari, agar kekuatannya sempurna karena penyusutan mulai terjadi pada saat proses pengeringan,apabila pengiriman dipaksakan persentase pecah dan susut akan lebih besar.


Bata Ringan tersedia dengan ukuran 600mmx200mm dengan tebal 75mm dan tebal 100mm, bentuk yang lain adalah berbentuk panel dengan ukuran 600mmx3000mm dengan ada rangkaian besi didalamnya.

 

Keunggulan Bata Ringan

  •     Tahan panas (thermal insulation)
  •     Memiliki peredaman suara yang baik
  •     Lebih akurat
  •     Tahan api (fire resistant)
  •     Lebih ringan dari bata biasa
  •     Transportasi mudah karena ringan
  •     Pengerjaan lebih cepat dan effisien
  •     Mengurangi kebutuhan bekisting (formwork) dan perancah (scaffolding)

Aplikasi
Kondisi Kering
Air Masuk
Air Masuk

Permukaan bata ringan banyak terlihat lubang-lubang kecil
terlihat porous, kering, sehingga air akan mudah masuk dan menyerap di dalam bata. Karena hal tersebut butuh material khusus untuk aplikasi diatas agar hasilnya bisa maksimal.


Perekat bata ringan / thinbed

Aplikasi dengan sekop bergerigi atau sendok semen dengan ketebalan 2- 4 mm. Campuran semen-pasir konvensional tidak disarankan sebagai pengganti perekat, karena hasil ikatan nya akan lemah dan mudah lepas. Perlu tambahan aditif semen MP-20 apabila ingin menggunakan semen-pasir konvensional.


Plaster – Aci

Sebelum pengerjaan plaster bata harus disiram sebelumnya  dengan air secukupnya, setelah itu bata dikamprot/didasari terlebih dahulu dengan adukan sebelum pengerjaan plaster.

Kerjakan terlebih dahulu bagian luar untuk mencegah penyerapan air dari luar secara berlebih,hal ini untuk mencegah retak dan susut serta timbulnya jamur dikemudian hari.

Bahan konvensional akan ada resiko lepas dan retak, sebaiknya menggunakan plaster mortar atau menambahkan aditif MP-20 Obat Semen untuk menambahkan kekuatan dan ikatan.


Penyimpanan

Jangan simpan bata langsung bersentuhan dengan tanah serta tutup/lindungi bata dari hujan untuk mencegah penyerapan air berlebih, kelembaban tinggi dikarenakan hujan.


Tips

  •     Lindungi bata dari kelembaban tinggi atau penyerapan air berlebih.
  •     Pada Kondisi kering dan panas, basahi bata dengan air secukupnya sebelum mulai aplikasi.
  •     Pasangan bata sebaiknya diikat/ diangkur ke kolom structural atau kolom praktis setiap 600 mm menggunakan besi sesuai dengan regulasi gempa pemasangan bata.
  •     Bagian atas pemasangan dinding dibawah balok jarak 10-15mm sebaiknya ditambahkan bahan yang lebih lunak seperti Styrofoam/plaster kekuatan rendah untuk  defleksi balok, mencegah retak diagonal pada dinding dan plaster.
  •     Aplikasi acian 2-3 mm langsung diatas bata ringan tidak disarankan, perbedaan penyerapan antara thinbed dan sambungan bata ringan akan meyebabkan susut serta retak sepanjang itu.
  •     Gunakan produk render (plester finish) 5 – 8 mm yang mengandung pasir halus dan aditif semen didalamnya untuk pengerjaan lebih cepat.
  •     Sambungan dengan beton pergunakan mesh /kawat ayam dan tambahan aditif bonding agent atau obat perekat seperti Mortarplus MP-40 /MP-48 Obat Perekat.

“ Bata ringan solusi alternatif terbaik untuk dinding yang mempunyai hasil dan perlakuan aplikasi berbeda dari bata biasa “

 

Komentar

Tampilkan

  • Apa itu Autoclaved Aerated Concrete AAC Bata Ringan
  • 0

Terkini

close