Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral News Properti

Iklan

Merk Semen yang ada di Indonesia dan Info Harga Terbaru Tahun ini

14 June 2021, 5:06 AM WIB Last Updated 2023-05-27T22:32:21Z
Merek semen yang ada di Indonesia

Saat ini sangat banyak sekali merek semen terbaru di Indonesia. Banyaknya pilihan semakin mudah bagi kita yang sedang membutuhkan, tetapi hal itu juga sangat membingungkan, selain beda harga, kualitas juga berpengaruh.


Berikut ini merupakan merk Semen yang ada di Indonesia dan Info Harga Terbaru. Ini ada informasi beberapa merek semen berikut juga dengan harganya yang bisa anda pilih. Informasi harga bisa jadi patokan, tetapi akan ada perbedaan di tiap daerah dan tergantung dengan lokasi.

 

Anda bisa menjadikan patokan jika membangun rumah. Pentingnya mengetahui merek dan harga semen akan memudahkan saat menghitung kebutuhan untuk membangun rumah. 

 

Setiap semen mempunyai karakter masing-masing. Kadar campuran bisa tidak sama, dan hal ini akan berpengaruh terhadap ketahanan bangunan.

 

Disisi lain, luasnya wilayah Indonesia dan ketersediaan bahan baku menjadi daya tarik tersendiri bagi investor. Pada intinya, semua produk semen mempunyai spesifikasi hampir mirip, tetapi hal itu tergantung pada penggunaan atau tukang yang membuat itu sendiri.

 

Daftar harga beberapa merek semen sebagai berikut, di setiap wilayah akan berbeda:
1. SEMEN HOLCIM = 40 kgRp. 42.500
2. SEMEN SCG = 40 kg Rp. 43.500
3. SEMEN TONASA = 40 kg Rp. 45.000
4. SEMEN BOSOWA = 40 kgRp. 48.000
5. SEMEN PADANG = 40 kg Rp. 50.000
6. SEMEN MERAH PUTIH = 40 kg Rp. 42.700
7. SEMEN MERAH (SEMEN BATA MERAH) = Rp. 500.000/m3
8. SEMEN DYNAMIX = 40 kg Rp. 44.500
9. SEMEN ANDALAS = 40 kg Rp. 50.000
10. SEMEN TIGA RODA = 50 kg Rp. 53.350
11. SEMEN CONCH = 50 kgRp. 49.500
12. SEMEN GRESIK = 50 kg Rp. 51.700
13. SEMEN HOLCIM = 50 kg Rp. 52.500
14. SEMEN SCG = 50 kg Rp. 52.800
15. SEMEN TONASA = 50 kg Rp. 55.000
16. SEMEN BOSOWA = 50 kg Rp. 58.000
17. SEMEN PADANG = 50 kgRp. 60.000
18. SEMEN MERAH PUTIH = 50 kg Rp. 52.700
19. SEMEN TIGA RODA = 40 kg Rp. 42.300
20. SEMEN CONCH = 40 kg Rp. 40.500
21. SEMEN GRESIK = 40 kg Rp. 41.800

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut: 
 

  

 

  • Pilih Semen yang sudah Ada Logo SNI

Pastikan semen yang anda gunakan itu telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Hal ini bisa diketahui dari kemasannya karena biasanya logo SNI tersebut tercetak jelas di kemasan. Adanya logo ini membuktikan bahwa semen sudah diuji dulu kualitasnya sebelum dipasarkan. 
 
Pastinya, semen yang bagus adalah yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Hal ini bisa Anda ketahui dari kemasannya karena biasanya logo SNI tersebut tercetak jelas di kemasan. Adanya logo ini membuktikan bahwa semen sudah diuji dulu kualitasnya sebelum dipasarkan.

 

  • Pilih yang Kemasannya Bagus

Jangan hanya mencari logo SNI saja, karena Anda juga harus memastikan bahwa kemasan semen itu juga dalam kondisi yang bagus. Mayoritas semen dikemas dalam karung ukuran 40 kg hingga 50 kg.

Jika Anda mendapati ada semen yang kemasannya rusak, sebaiknya dihindari. Sebab semen yang kemasannya demikian, besar kemungkinan kualitasnya sudah menurun. Tentu saja hal tersebut akan berpengaruh terhadap hasil akhir pengerjaannya nanti.


 

  • Pilih yang Usianya Masih Baru

Sebisa mungkin pilihlah semen yang usianya masih baru, atau yang disimpan paling lama 1 bulan. Untuk ini, Anda bisa menanyakannya langsung pada penjual. Atau kalau tidak memungkinkan, tekan saja semen tersebut dari luar kemasan.
 
Jika rasanya keras, besar kemungkinan semen sudah lama disimpan sehingga kualitasnya berkurang. Sementara bila ditekan rasanya malah lebih lembut, berarti semen tersebut masih layak digunakan.
Rekomendasi Merk Semen yang Bagus.
 
Dari segi warna, semen yang bagus ialah yang warnanya abu-abu kehijauan. Sebaiknya jangan pilih yang lebih gelap ya karena umumnya semen yang seperti ini mudah retak setelah diaplikasikan. 

 

 

Beberapa pilihan merk untuk Anda yang memerlukan semen ialah sebagai berikut.

 

  • Semen Conch

Semen Conch memang menjadi salah satu alternatif terbaik untuk siapa saja yang memerlukan semen. Semen ini diklaim mempunyai waktu kering yang pas, atau dengan kata lain tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat.

 

Semen Conch sendiri hadir untuk memenuhi kebutuhan akan semen dengan harga yang relatif murah. Akan tetapi harus diakui juga bahwa kualitas semen Conch ini terhitung kurang jika dibandingkan dengan semen merk yang lainnya.


 

  • Semen Rajawali

Bisa dikatakan bahwa semen Rajawali ini adalah versi murahnya Semen Tiga Roda, dan memang merk ini juga merupakan second brand dari semen Tiga Roda. Walaupun merupakan second brand, namun pihak Indocement tetap memberikan jaminan kualitas.

 

Semen ini diklaim tidak mudah retak, diproduksi dengan peralatan, teknologi serta material yang memenuhi standar sehingga kualitasnya juga konsisten. Semen ini harganya juga terjangkau dan didesain secara khusus supaya tukang bangunan bisa lebih mudah menggunakannya.
 

 

  • Semen Jakarta

Semen Jakarta adalah semen yang selain berkualitas, juga menjanjikan hasil yang kokoh, tahan lama dan hemat penggunaannya. Pengaplikasian semen Jakarta akan membuat permukaan menjadi lebih halus karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah bahan-bahan pilihan.

Harganya juga terhitung terjangkau dan cepat kering. Akan tetapi seperti yang Anda tahu, semen yang lekas kering itu juga mudah terjadi retakan, terutama retakan rambut. Sedangkan cara untuk menghindarinya ialah dengan rajin melakukan penyiraman.
 

 

  • Semen Merah Putih

Semen Merah Putih dikenal mempunyai butiran dengan karakteristik yang unik yang membuat proses pencampuran semen lebih mudah. Semen ini juga telah memenuhi standar kualitas baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

Anda juga bisa mengandalkan semen Merah Putih jika ingin menghasilkan permukaan bangunan yang tidak mudah retak dan lebih halus. Selain harganya yang terjangkau, semen ini juga bisa membuat bangunan lebih tahan lama.
 

 

  • Semen Batu Raja

Dibandrol dengan harga yang cukup mahal, semen Batu Raja juga bisa diadu kalau soal kualitas. Semen ini bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Soal keunggulan, semen Batu Raja disebut-sebut bisa membuat pekerjaan menjadi lebih mudah karena sifatnya yang praktis serta mudah diaduk.

Semen ini juga kedap air dan tahan terhadap sulfat serta bisa membuat permukaan bangunan menjadi lebih halus. Selain itu, semen Batu Raja tidak membuat permukaan bangunan tersebut mudah retak.
 

 

  • Semen Gresik

Jika mencari semen yang ramah lingkungan, semen Gresik bisa menjadi jawabannya. Sebab, semen ini selain sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia, juga sudah mengantongi sertifikat ISO 14001. Di dalamnya terdapat unsur pozzolan yang akan membuatnya semakin lama semakin kuat.
 
Selain itu, unsur pozzolan itu juga akan membuat semen lebih tahan terhadap asam serta sulfat dan juga mengurangi risiko keretakan. Dengan berbagai keunggulan tersebut, rasanya wajar jika semen Gresik bisa didapatkan dengan harga yang cukup mahal untuk setiap kemasannya.
 
Semen Gresik adalah merk semen terbaik berikutnya, Kualitas dari semen Gresik terbukti kokoh dan andal untuk setiap bangunan. Hal tersebut terbukti dari penggunaan semen Gresik dalam penbangunan berbagai landmark dan struktur monumental. Semen Gresik juga sudah mengantongi sertifikasi ISO 14001 sebagai tanda produk semen yang ramah lingkungan. Rentang Harga: Rp 36.000 – Rp 51.000

  

 

  • Semen Padang

Bisa dikatakan bahwa ini adalah merk yang tertua. Keberadaannya yang masih terus bertahan hingga sekarang rasanya bisa dijadikan bukti bahwa semen Padang adalah semen yang berkualitas. Semen ini bisa membuat bangunan menjadi lebih tahan terhadap sulfat.
 
Selain itu, semen Padang juga memegang fungsi penting untuk membuat permukaan bangunan lebih halus. Walaupun demikian, semen Padang juga termasuk produk yang ramah lingkungan. Akan tetapi, untuk bisa mendapatkannya, Anda harus mengeluarkan uang yang cukup banyak terlebih dahulu.

Namun, jika mempertimbangkan kualitas yang ditawarkan, harga tersebut tidak menjadi masalah bukan? Apalagi kawasan produksinya, yaitu Indarung – Sumatera Barat, memang dikenal mempunyai bahan baku semen yang terbaik di Indonesia.

 

 

  • Semen Garuda

Untuk menciptakan permukaan bangunan yang lebih halus, harus menggunakan semen yang berkualitas, salah satunya adalah semen Garuda. Semen ini selain bisa menghasilkan permukaan yang halus juga kedap air.
 
Di sisi lain, semen Garuda juga tahan terhadap serangan sulfat serta tidak mudah retak. Jadi, bangunan bisa lebih tahan lama. Tidak kalah penting lagi, semen ini harganya terjangkau. Hanya saja walaupun namanya adalah semen Garuda, namun semen ini adalah semen buatan China. 
 
Semen Garuda juga tidak kalah dengan merek semen yang lainnya pasalnya semen ini juga memiliki sertifikasi SNI. Semen yang tahan terhadap serangan sulfat dan juga kedap air sangat cocok digunakan. Tidak hanya itu saja semen ini juga mampu menghasilkan permukaan yang halus dan tidak mudah retak ehingga mampu membuat kontruksi mejadi tahan lama. Harganya pun cukup relatif hanya berkisar Rp 36.000 – Rp 65.100 sesuai dengan spesifikasi semen.

 

 

  • Semen Holcim/Dynamix

Semen Holcim juga menjadi salah satu semen berkualitas yang menjanjikan permukaan bangunan yang lebih halus. Pasalnya, semen ini dilengkapi dengan micro filter particle. Ini adalah butiran mineral mikro yang mampu mengisi rongga dengan sempurna sehingga permukaan yang disemen bisa lebih halus.
 
Semen ini bahkan telah mengantongi sertifikasi Green Label yang menunjukkan bahwa semen Holcim adalah semen yang ramah lingkungan. Akan tetapi perlu diketahui, semen ini namanya sudah berganti menjadi semen Dynamix dan harganya lumayan mahal.
 
Semen Holcim memiliki produk semen dengan bermacam keunggulan seperti Micro Filler Particle yang berupa butiran mineral mikro yang halus, mampu mengisi rongga dengan sempurna untuk memberikan hasil akhir yang kuat serta permukaan yang halus. Selain itu, semen Holcim merupakan produk yang ramah lingkungan, bersertifikasi Green Label dari Singapura. Rentang Harga: Rp 39.200 – Rp 75.900


 

 

  • Semen Tiga Roda

Nah, ini adalah salah satu merk semen yang namanya memang sudah akrab di kalangan masyarakat Indonesia. Kualitasnya terkenal bagus dan sudah memenuhi berbagai standarisasi produk seperti European Standard dan Standar Nasional Indonesia sendiri.
 
Selain itu, semen Tiga Roda bisa menghasilkan plester yang lebih halus dan rapat sehingga juga membuat bangunan lebih kokoh. Akan tetapi, harga semen Tiga Roda terhitung lebih mahal dibandingkan semen merk lainnya dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk kering.
Untuk menciptakan bangunan yang lebih kuat, memang sebaiknya Anda harus selektif dalam memilih merk semen. Tidak mengapa jika harus mengeluarkan dana sedikit lebih banyak.
 
Semen Tiga Roda memiliki  Produk yang telah memenuhi bermacam standarisasi produk, seperti Standar Nasional Indonesia (SNI) dan European Standard (EU). Merk semen terbaik ini bisa digunakan untuk bangunan-bangunan pada umumnya dan mampu menghasilkan permukaan beton atau plester yang lebih rapat dan lebih halus. Rentang Harga: Rp 39.500 – Rp 100.000


 

  • Semen Padang

Semen Padang merupakan merk semen tertua di Indonesia. Sejarah membuktikan bahwa pabrik semen Padang merupakan pabrik semen pertama di Indonesia. Pabrik semen Padang terletak di Indarung, Sumatera Barat. Daerah Indarung terkenal memiliki bahan baku semen terbaik di Indonesia. Sehingga semen Padang memiliki produk semen berkualitas tinggi yang banyak digunakan hingga sekarang. Rentang Harga: Rp 46.000 – Rp 53.000

 

 

  • Semen Garuda

Merk semen terbaik berikutnya adalah semen Garuda. Semen Garuda tentu memiliki sejumlah keunggulan seperti, telah memiliki sertifikasi SNI, tahan terhadap serangan sulfat dan kedap air. Tidak hanya itu, semen Garuda mampu menghasilkan permukaan yang halus dan tidak retak dan membuat konstruksi menjadi tahan lebih lama.

Rentang Harga: Rp 36.000 – Rp 65.100

 

  • Semen Merah Putih

Semen Merah Putih merupakan merk semen berkualitas premium yang memberikan hasil akhir akhir bangunan yang lebih kuat dan tahan lama. Dikarenakan semen Merah Putih menggunakan bahan baku pilihan dengan proses produksi dengan teknologi mutakhir. Semen Merah Putih juga mengandung material pozzolanic untuk memberikan ketahanan bangunan yang lebih lama. 
Rentang Harga: Rp 37.000 – Rp 45.000

 

  • Semen Jakarta

Semen Jakarta adalah rekomendasi merk semen terbaik terakhir. Semen Jakarta memiliki harga yang terjangkau, Namun tetap memiliki banyak keunggulan seperti hemat penggunaan, cepat kering, kokoh dan tahan lama serta mampu menghasilkan permukaan yang halus. Karena itu, semen ini cocok untuk konstruksi yang berkualitas tinggi. 
Rentang Harga: Rp 35.000 – Rp 43.000

 

 

Jenis-jenis Semen

Merk semen terbaik Tiga Roda menawarkan berbagai jenis semen yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa produk unggulan semen terbaik ini antara lan:
 

  • Portland Composite Cement (PCC)

Semen Portland Composite Cement (PCC) adalah salah satu produk semen Tiga Roda yang paling favorit. Semen PCC tahan terhadap serangan sulfat sehingga aman untuk bangunan. Semen terbaik ini juga lebih kedap air, permukaan acian juga lebih halus dan ramah lingkungan.
 
PCC mempunyai panas hidrasi yang lebih rendah selama proses pendinginan dibandingkan dengan Semen Portland Jenis I, sehingga pengerjaannya akan lebih mudah dan menghasilkan permukaan beton atau plester yang lebih rapat dan lebih halus. Keunggulan lain dari semen terbaik ini adalah material tambahan pozzolan yang ada di dalamnya adalah yang terbaik di Indonesia.


  • Portland Cement (PC Tipe I, II, dan V)

Portland semen memiliki tekstur berupa serbuk halus yang dihasilkan dari menggiling clinker yang mengandung senyawa kalsium silikat dan gypsum sebagai tambahan. Bahan yang digunakan untuk membuat portland Cement adalah tanah liat, serpih, pasir, bijih besi, bauksit, abu terbang, dan terak. Ketika tanur semen dibakar oleh batu bara, abu batubara bertindak sebagai bahan baku sekunder. 
 
Sifat utama portland cement adalah mudah mengeras jika dicampur dengan air, apabila bentuknya sudah berubah jadi padat maka semen tidak larut karena air, dapat merekatkan benda padat, Semen Tiga Roda memiliki 3 tipe semen portland, yaitu tipe I,II, dan V yang cocok untuk berbagai macam aplikasi beton.


  • Oil Well Cement (OWC)

Oil Well Cement (OWC) adalah jenis semen yang digunakan untuk penyekat pengeboran sumur minyak. Nama lain dari Oil Well Cement adalah semen sumur minyak. Dikarenakan keharusan waktu pemekatan yang ketat, maka OWC diproduksi dengan standar mutu yang ketat sesuai dengan standar API (American Petroleum Institute). Semen ini memiliki ketahanan terhadap kadar sulfat yang tinggi.


  • Semen Putih

Semen putih adalah jenis semen terbaik bermutu tinggi. Umumnya semen putih digunakan untuk keperluan pekerjaan arsitektur,  precast dan beton yang diperkuat dengan fiber, panel, permukaan teraso, stucco, cat semen, nat ubin atau keramik serta struktur yang bersifat dekoratif.
 
Terbuat dari bahan baku pilihan dengan kandungan besi yang rendah dan magnesium oksida, semen putih juga bisa digunakan untuk proses konstruksi pada umumnya. Saat ini hanya Tiga Roda satu-satunya produsen semen putih dalam negeri.


  • TR-30 Acian Putih

Master semen berkualitas ini punya daya rekat yang tinggi dan dapat menghasilkan permukaan acian yang lebih halus. Salah satu produk baru Tiga Roda yang juga populer. Ia mampu menghasilkan acian lebih halus, mengurangi retak, dan terkelupasnya permukaan. Dengan sifat plastis dan daya rekat tinggi, pengerjaannya jadi lebih mudah.  (*)

 

 

Baca Juga:

Komentar

Tampilkan

  • Merk Semen yang ada di Indonesia dan Info Harga Terbaru Tahun ini
  • 0

Terkini

close