Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral News Properti

Iklan

Ini Pengertian Condotel atau Apartemen, mana yang Lebih menguntungkan?

01 September 2020, 9:54 AM WIB Last Updated 2021-12-03T03:21:20Z

Investasi Condotel atau Apartemen saat ini menjadi alternatif di kota besar, hal ini dilakukan karena keuntungan biaya sewa yang menjanjikan.


Saat ini kita banyak mendengar istilah Condotel, banyak iklan investasi maupun proyek bertemakan Condotel bertebaran di media massa. Namun apakah sejatinya condotel itu ? apakah sama dengan hotel atau apartemen ? berikut ulasannya.


Pengertian Condotel

Kondominium atau masyarakat biasa menyebutnya secara singkat dengan kondo, merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu condominium. Kata ini merupakan gabungan dari kata Latin "con" yang artinya bersama atau bergabung dan "dominium" atau kepemilikan atau pengendalian kecil ruang dari suatu bangunan. 

 

Berdasarkan asal-usul katanya, kondominium berarti lebih mengacu pada status kepemilikan, bukan jenis hunian. Ada pula yang mengatakan, kondominium merupakan bentuk lain hak guna perumahan. 

 

Di Indonesia sendiri dikenal dengan istilah hak guna bangunan atas rumah susun. Sedangkan Condotel yang namanya digabungkandari kata condominium dan hotel, adalah sebuah gedung yang diperuntukan sebagai tempat tinggal/guna perumahan, namun fisik bangunannya menjulang ke atas sertabertingkat-tingkat seperti apartment. 

 

Condotel dapat ditempati langsung oleh pemilik karena biasanya telah full furnish, namun bisa juga untuk disewakan.

 

Jika dilihat dari segi arsitektur dan fisik bangunan, hampir tidak ditemukan perbedaan yang signifikan antara Condotel, Hotel dan Apartemen. Namun dengan sistem pengelolaan yang berbeda, maka akan berpengaruh pada rancangan BOH (Back of House) karena menyangkut fungsi jangka panjang.

 

Perbandingan antara Condotel dan apartemen :

Membeli Condotel seperti membeli apartemen yang sudah fully furnished. Sementara kalau membeli apartemen yang didapat adalah unitnya saja, sedangkan interiornya diusahakan sendiri oleh sang pemilik. Pada Condotel, pemilihan konsep interiornya sudah ditentukan oleh manajemen hotel yang mengelolanya,

 

Membeli apartemen untuk dihuni atau disewakan sendiri oleh pemilik. Sedangkan jika membeli Condotel, begitu dibeli langsung dikelola oleh manajemen hotel sebagai sebuah hotel. Sehingga pemiliknya yang memang berniat untuk berinvestasi tidak perlu repot mengelola, namun bisa mendapat keuntungan rutin dari unitnya.

 

Perbandingan antara Condotel dan hotel :

Berbeda dengan hotel, pada Condotel terdapat dapur karena memang Condotel didesain untuk yang ingin tinggal tidak hanya sehari-dua hari, dengan konsep huniannya mirip apartemen.

 

Yang paling membedakan Condotel dengan hotel adalah Condotel bisa dibeli per unit dimana hal ini tidak mungkin dilakukan untuk sebuah hotel yang harus dibeli dengan keseluruhan bangunan beserta fasilitasnya. (*)

Komentar

Tampilkan

  • Ini Pengertian Condotel atau Apartemen, mana yang Lebih menguntungkan?
  • 0

Terkini

close