Notification

×
Copyright © Best Viral News Properti

Iklan

Daftar Perumahan di Banyuwangi

16 September 2019, 9:02 PM WIB Last Updated 2022-03-02T07:03:19Z

 Perumahan Murah di Banyuwangi Terbaru 2017

 

Info Perumahan – Perumahan Murah di Banyuwangi Terbaru, Geliat properti di Kabupaten Banyuwangi kini sedang meningkat. Kabupaten yang terletak ujung timur Pulau Jawa dan sebagai jalur utama penghubung Jawa-Bali ini sudah melirik bisnis properti. Tercatat tahun ini, beberapa proyek properti skala kecil dan sedang dibangun di Banyuwangi. Itu artinya, kebutuhan masyarakat Banyuwangi akan hunian sudah mulai menggeliat.

 

Sekilas Tentang Banyuwangi 

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya berada di Kecamatan Banyuwangi atau sering disebut Kota Banyuwangi. 
 
Kabupaten ini terletak di ujung paling timur Pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda, dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat.
 
Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km², atau lebih luas dari Pulau Bali (5.636,66 km²). 
 
Di pesisir Kabupaten Banyuwangi, terdapat Pelabuhan Ketapang, yang merupakan penghubung utama antara Pulau Jawa dengan Pulau Bali (Pelabuhan Gilimanuk). 


Dikutip dari Wikipedia, Sejarah Banyuwangi tidak lepas dari sejarah Kerajaan Blambangan. Pada pertengahan abad ke-17, Banyuwangi merupakan bagian dari Kerajaan Hindu Blambangan yang dipimpin oleh Pangeran Tawang Alun. Pada masa ini secara administratif VOC menganggap Blambangan sebagai wilayah kekuasannya, atas dasar penyerahan kekuasaan Jawa bagian timur (termasuk Blambangan) oleh Pakubuwono II kepada VOC. Padahal Mataram tidak pernah bisa menguasai daerah Blambangan yang saat itu merupakan kerajaan Hindu terakhir di Pulau Jawa. Namun VOC tidak pernah benar-benar menancapkan kekuasaannya sampai pada akhir abad ke-17, ketika pemerintah Inggris menjalin hubungan dagang dengan Blambangan. Daerah yang sekarang dikenal sebagai "kompleks Inggrisan" adalah bekas tempat kantor dagang Inggris.[6]

VOC segera bergerak untuk mengamankan kekuasaanya atas Blambangan pada akhir abad ke-18. Hal ini menyulut perang besar selama lima tahun (1767–1772). Dalam peperangan itu terdapat satu pertempuran dahsyat yang disebut Puputan Bayu sebagai merupakan usaha terakhir Kerajaan Blambangan untuk melepaskan diri dari belenggu VOC. Pertempuran Puputan Bayu terjadi pada tanggal 18 Desember 1771 yang akhirnya ditetapkan sebagai hari jadi Banyuwangi. Sayangnya, perang ini tidak dikenal luas dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan kompeni Belanda. Namun pada akhirnya VOC-lah yang memperoleh kemenangan dengan diangkatnya R. Wiroguno I (Mas Alit) sebagai bupati Banyuwangi pertama dan tanda runtuhnya Kerajaan Blambangan. Tetapi perlawanan sporadis rakyat Blambangan masih terjadi meskipun VOC sudah menguasai Blambangan. Itu bisa terlihat dengan tidak adanya pabrik gula yang dibangun oleh VOC saat itu, berbeda dengan kabupaten lainnya di Jawa Timur.

Tokoh sejarah fiksi yang terkenal adalah Putri Sri Tanjung yang di bunuh oleh suaminya di pinggir sungai karena suaminya ragu akan janin dalam rahimnya bukan merupakan anaknya tetapi hasil perselingkuhan ketika dia ditinggal menuju medan perang. Dengan sumpah janjinya kepada sang suami sang putri berkata: "Jika darah yang mengalir di sungai ini amis memang janin ini bukan anakmu tetapi jika berbau harum (wangi) maka janin ini adalah anakmu". Maka seketika itu darah yang mengalir ke dalam sungai tersebut berbau wangi, maka menyesalah sang suami yang dikenal sebagai Raden Banterang ini dan menamai daerah itu sebagai Banyuwangi.[butuh rujukan]

Tokoh sejarah lain ialah Minak Djinggo, seorang Adipati dari Blambangan yang memberontak terhadap Kerajaan Majapahit dan dapat ditumpas oleh utusan Majapahit, yaitu Damarwulan. Namun sesungguhnya nama Minak Djinggo bukanlah nama asli dari adipati Blambangan. Nama tersebut diberikan oleh sebagian kalangan istana Majapahit sebagai wujud olok-olok kepada Brhe Wirabumi yang memang putra prabu hayam wuruk dari selir.

Bagi masyarakat Blambangan, cerita Damarwulan tidak berdasar. Cerita ini hanya bentuk propaganda Mataram yang tidak pernah berhasil menguasai wilayah Blambangan yang saat itu disokong oleh kerajaan Hindu Mengwi di Bali.

 

  • Perumahan Graha Indah Dadapan Banyuwangi

  • Perumahan Kavling Brawijaya Asri Banyuwangi


 

Perumahan Murah di Banyuwangi Terbaru

Beberapa perumahan murah dari harga 100 juta hingga 200 jutaan kini dapat ditemukan di Banyuwangi. Beberapa perumahan tersebut antara lain:




Perumahan Griya Pesanggaran Asri Banyuwangi

Perumahan ini berlokasi di Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Tipe rumah yang saat ini sedang dipasarkan adalah 45/132. Adapun harganya sekitar 200 juta. Row jalan perumahan sekitar 6 meter. Lokasinya sangat strategis sekitar 10 km dari Pantai Pulau Merah dan 12 km dari Pantai Pancer. Selain itu, di sekitar lokasi juga sudah tersedia fasilitas seperti SPBU, pasar, sekolah, dan lain-lain.
Pesona Indah Regency Sempu


Perumahan ini memiliki konsep modern minimalis dengan nuansa alamiah yang kental. Lokasinya terletak di Jalan raya Sempu Setail Banyuwangi. Pesona Indah Regency Sempu mengusung konsep one gate system dengan sistem pengamanan 24 jam. Dengan konsep tersebut, perumahan ini sangat mengutamakan kenyamanan dan keamanan bagi penghuninya. Kini perumahan murah ini dipasarkan di harga 240 jutaan.

 

Perumahan Banyuwangi Baru

Perumahan Pelangi Banyuwangi



Perumahan Berlian Rogojampi Indah

Perumahan ini terletak di daerah Rogojampi berdekatan dengan Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Saat ini rumah yang dipasarkan terletak di lokasi premium karena berada di blok paling depan. Tentu ini menjadi tawaran yang menggiurkan bagi Anda yang mendambakan hunian murah dan mewah di dekat bandara. Saat ini unit rumah di Perumahan Berlian Rogojampi Indah dibanderol dengan harga 175 juta.


Perumahan Alam Pesona Kertosari Banyuwangi

Perumahan ini terbilang cukup murah karena harganya hanya sekitar 125 jutaan. Dibandingkan ketiga perumahan di atas, Perumahan Alam Pesona Kertosari memang harganya lebih murah. Namun demikian, prospek investasi perumahan ini juga tak kalah bagusnya dengan ketiga perumahan di atas.
Itulah 4 perumahan murah yang saat ini sedang dipasarkan di Banyuwangi. Semoga informasi tersebut dapat memberi referensi bagi Anda masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya dalam memilih hunian yang berkualitas dan bernilai investasi tinggi.

 

 

Perumahan Taman Argopuro Indah


 

Perumahan Graha Pesona Banyuwangi


 

Perumahan Pesona Residance Banyuwangi


 

Perumahan SUKOWIDI INDAH RESIDENCE Banyuwangi


 

Perumahan PENGANTIGAN RESIDENCE Banyuwangi


 

PERUMAHAN GRAHA INDAH DADAPAN Banyuwangi



Perumahan VILLA MAS ROGOJAMPI Banyuwangi



Perumahan KAVLING BRAWIJAYA ASRI Banyuwangi



Perumahan BUNGA RESIDENCE Banyuwangi

Komentar

Tampilkan

  • Daftar Perumahan di Banyuwangi
  • 0

Terkini