Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral News Properti

Iklan

Desain Kitchen Set Modern

02 June 2021, 7:45 PM WIB Last Updated 2021-06-05T04:20:31Z

 

Bagi yang memiliki hobi memasak, dapur mungkin akan menjadi ruang paling penting. Namun, terlepas dari itu dapur tetaplah salah satu ruang yang memerlukan perhatian lebih. Hal ini bisa kamu lihat dari betapa sulitnya memilih kitchen set yang tepat untuk dapur hunian kamu.

 

Mulai dari desain yang tidak cocok hingga ruang penyimpanan yang kurang kerap menjadi permasalahan pada kitchen set. Untuk meghindari hal-hal nggak menyenangkan tersebut, simak kesalahan-kesalahan umum saat membeli atau membuat kitchen set berikut!

 

Memperhatikan desain dan penampilan kitchen set memang bukan kesalahan, hanya saja kamu juga perlu memperhatikan fungsionalitas dan juga material dari kitchen set tersebut.

 

Pada kenyataannya, banyak hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih kitchen set, seperti ketahannya terhadap lingkungan dapur hingga kesesuaiannya dengan fungsi serta kebutuhan. Pastikan tampilan keren yang kamu miliki pada kitchen set sebanding dengan hal-hal tersebut.

 

 

2. Kitchen Set dengan Layout yang tidak Efisien

 

Pada kitchen set, umumnya terdapat bagian untuk meletakkan kompor, kitchen sink, dan juga counter top untuk mempersiapkan berbagai bahan makanan. Pada beberapa kitchen set juga dilengkapi lemari dapur dan juga area untuk lemari pendingin.

 

Tahukah kamu, jika posisi berbagai hal ini atau layout dari kitchen set-mu akan mempengaruhi berjalannya aktivitas utama di dapur, yaitu menyimpan makanan, mempersiapkan bahan makanan, dan memasak?

 

 

Kitchen Set Triangle

 

Untuk itu, pastikan setiap elemen atau layout dari kitchen set yang kamu miliki sudah memenuhi prinsip kitchen triangle yang baik dimana posisi secara berurutan adalah area penyimpanan makanan – area mempersiapkan makanan – area memasak. Dengan kitchen set yang memenuhi prinsip ini, kamu nggak akan dibuat mondar-mandir di dapur saat sedang menyiapkan hidangan.

 

 

3. Storage yang Nggak Memadai

Kitchen Set Storage Tidak Memadai

 

Sudah bukan rahasia jika dapur merupakan ruang dengan banyak sekali kebutuhan storage karena peralatan dan bahan makanan yang kamu miliki. Kitchen set adalah salah satu media penyimpanan paling utama pada dapur. Jadi, saat kamu memilih kitchen set, sesuaikan jumlah kabinet atau storage yang dimiliki dengan kebutuhanmu.

 

Nggak cuma storage yang memadai, kombinasikan juga ukuran storage sehingga kamu nggak kebingungan saat harus menyimpan panci berukuran besar namun kabinet kitchen set nggak bisa mengakomodirnya.

 

 

4. Kurangnya Area Kerja pada Kitchen Set

Kitchen Set dengan Islandsquarespace.com

 

Storage memang penting, tapi jangan lupakan juga keberadaan counter top yang memadai, karena area kitchen set satu ini akan berfungsi sebagai area kerja. Untuk kamu yang hobu memasak tentu kamu memerlukan counter top yang relatif besar, bukan?

 

Jika kamu kekurangan area kerja pada kitchen set yang sudah kamu miliki, siasati dengan menambahkan island sebagai tamabahan area kerjamu.

 

 

5. Kitchen Set tanpa Pencahayaan Memadai

Berbicara pencahayaan pada ruang dapur, nggak bisa hanya mengandalkan penerangan utama dari ceiling ruangan. Kitchen set yang kamu miliki juga memerlukan instalasi pencahayaan guna memaksimalkan penerangan saat memasak.

Kitchen Set Pencahayaan Memadaiinertiahome.com

Jika kitchen set memiliki rak dinding, berikan tambahan pencahayaan di bagian bawah agar area kerja yang berada di bawah tidak terhalang bayangan dari lemari gantung atau rak dinding. Selain memaksimalkan aktivitas, pencahayaan yang baik pada kitchen set juga bisa mempercantik desain dan visual dari kitchen set itu sendiri.

 

 

6. Kitchen Set dengan Terlalu Banyak Kabinet Terbuka

Rak Terbuka Kitchen Sethips.hearstapps.com

 

Mengkombinasikan kabinet pada kitchen set dengan kabinet yang terbuka tentu adalah ide yang menarik agar kitchen set tidak tampil monoton. Tapi, jangan sampai kamu memilih kitchen set dengan kabinet terbuka terlalu banyak!

 

Karena nggak bisa dihindari kamu memerlukan area storage tertutup untuk menyimpan berbagai barang nggak terpakai tanpa perlu takut dapur terasa berantakan. Kabinet terbuka nggak cuma membuat berantakan, keberadaan banyak peralatan dapur yang terekspos juga bisa membuat dapur terkesan sesak, lho. Apalagi, kalau kamu berencana membuat kitchen set minimalis.

 

 

7. Tak Memperhatikan Instalasi Listrik

Kitchen Set Intstalasi Listrikpinterest.com

 

Dapur kini sudah dilengkapi berbagai perlengkapan elektronik. Selalu persiapkan instalasi listrik yang memadai pada kitchen set yang kamu miliki. Mulai dari jumlah stop kontak hingga posisi-posisinya.

 

Jangan sampai kamu terpaksa membuat kabel berserakan berjalan di atas kitchen set. Nggak cuma tidak sedap dipandang, hal ini juga sangat berbahaya!

 

 

8. Menomorduakan Laci pada Kitchen Set

Laci Kitchen Setapartementtheraphy.com

 

Kebanyakan kita hanya menggandalkan kabinet berbentuk lemari pada kitchen set tanpa mempertimbangkan menggunakan laci. Padahal keberadaan beberapa laci pada kitchen set bisa membantu aktivitasmu di dapur jadi lebih efektif. Hal ini disebabkan laci lebih ergonomis dibandingkan kabinet lemari.

 

Laci Kitchen Setpinterest.com

 

Laci ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang kecil yang akan sering kamu gunakan seperti spatula, pisau, ataupun berbagai bumbu masak. Bahkan, ada juga model laci yang sudah dirancang khusus untuk piring. Dengan kitchen set yang berlaci, kamu bisa mengaksesnya langsung dengan nyaman.

 

Berbeda jika kitchen set berbentuk kabinet lemari semua dimana kamu harus berjongkok untuk mencari barang yang kamu butuhkan. Dengan laci-laci, kegunaan kitchen set mini bisa lebih maksimal!

 

 

9. Kitchen Set dengan Material yang Tidak Tepat

Kitchen Set Kayuarchitecturaldigest.com

Aktivitas di dapur mengharuskan kitchen set terbuat dari material yang tahan terhadap panas dan air. Tentu material kayu termasuk material yang nggak akan tahan terhadap dua hal ini. Namun, kenyataannya, kitchen set berbahan kayu masih jadi pilihan favorit.

Untuk itu, pastikan material kitchen set yang kamu miliki sudah diberi finishing guna melindungi material aslinya. Atau, untuk pilihan praktis kamu bisa menggunakan kitchen set aluminium.

 

 

10. Bagian Sudut Kitchen Set yang Tidak Efisien

Kitchen Set U Shapebeeyoutifullife.com

 

Untuk desain kitchen set berbentuk “L” atau “U”, keberadaan kabinet sudut sudah nggak bisa lagi kamu hindari. Kebanyakan bagian sudut ini dibiarkan kosong dan digunakan untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan karena bagian kitchen set satu ini memang sulit dijangkau.

 

Namun, jika kamu membutuhkan bagian sudut kitchen set yang lebih fungsional, pastikan kamu memiliki kitchen set yang dilengkapi aksesoris atau fitting khusus kabinet sudut pada kitchen set sehingga bagian ini jadi jauh lebih efisien.

 

 

11. Memilih Kitchen Set yang Terlalu Mengikuti Tren

Kitchen Setlonny.com

 

Sama seperti halnya saat kamu lebih mengutamakan tampilan kitchen set, terlalu mengikuti tren tanpa memperhatikan kualitas bahan dan juga tingkat efektivitas penggunaan kitchen set sangat perlu kamu hindari!

 

 

 

Apalagi, tren bersifat sementara sedangkan kitchen set yang kamu miliki tentu ingin kamu gunakan dalam jangka panjang, bukan? Selalu utamakan kenyamanan penggunaan daripada tren.

 

 

12. Tak Mengonsultasikan Pemilihan Kitchen Set kepada Expert atau Tenaga Ahli

Designer Kitchen Setfthmb.tqn.com

 

Banyak orang yang merasa karena dapur mereka sederhana, maka mereka bisa memilih dan menata sendiri kitchen set mereka. Padahal, nggak ada salahnya jika kamu mengonsultasikan terlebih dahulu kebutuhan kitchen set dengan tenaga ahli untuk menghindari berbagai kemungkinan kesalahan yang terjadi pada desain dapurmu. Apalagi, kini konsultasi desain interior seperti kitchen set ini sudah bisa kamu temukan dengan mudah.

 

Kitchen Setbaytownkitchen.com

 

Diantara kesalahan-kesalahan pemilihan kitchen set tersebut, yang mana yang paling sering kamu temui? Tentunya kini kamu sudah bisa menghindarinya, bukan? Yuk, maksimalkan lagi kitchen set yang kamu miliki dengan menemukan berbagai pilihan kitchen set dan perabot dapur di Dekoruma.

 


 

Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Dekoruma siap membantu! Kamu bisa menemukan perabot dan dekorasi menarik di Dekoruma. Buat kamu yang membutuhkan kitchen set, bisa juga diwujudkan lewat dekoruma lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera kontak tim design & build interior Dekoruma dan nanti kamu akan diarahkan oleh tim yang bersangkutan.

 

 



















Komentar

Tampilkan

  • Desain Kitchen Set Modern
  • 0

Terkini

close