Ubah HGB Jadi SHM di BPN Depok Cuma Bayar Rp 50 Ribu, Benarkah?

1127

Jakarta – Isu: Beredar pesan berantai yang berisi informasi tentang biaya mengubah Hak Guna Bangunan (HGB) ke Sertifikat Hak Milik (SHM) bagi warga yang rumahnya berada di Depok. Mereka yang ingin mengubah HGB ke SHM cukup membayar Rp 50 ribu saja.

Berikut pesan berantai tersebut:

Bapak Ibu: Jika ada yang punya rumah di Depok yang masih HGB, sekarang ini ada pemutihan, dari sertifikat HGB menjadi SHM, hanya dengan biaya Rp 60.000 saja.
Datang ke BPN Depok, bawa copy KTP, KK, PBB asli 3 tahun terakhir dan copynya. Beli map di sana 10.000 plus bayar biayanya di loket sebesar Rp 50.000.
Hanya dalam waktu 5 hari kerja, SHGB sudah menjadi SHM. Semoga bermanfaat.

Benarkah ubah HGB ke SHM cukup bayar Rp 50 ribu?

Investigasi: detikcom mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Depok di Jl. Boulevard Kota Kembang, Sektor Anggrek, Jawa Barat.

Dari informasi yang dikumpulkan, ada beberapa tahap agar bisa mengubah HGB ke SHM.

1. Hari pertama, pemohon membeli map yang berisi formulir pengecekan dan formulir permohonan masing-masing seharga Rp 10 ribu di koperasi BPN. Bila sudah membawa kelengkapan surat maka map permohonan bisa diajukan ke loket. Bila belum maka harus dilengkapi lebih dulu.

2. Hari kedua, map dan formulir permohonan yang sudah diisi dikembalikan ke petugas di loket. Setelah itu pemohon harus menunggu hingga 5 hari kerja atau bisa juga 7 hari kerja. Penyerahan map pengecekan dan permohonan tidak bisa dilakukan di hari yang sama.

3. Setelah 5 hari kerja pemohon bisa mengambil SHM dan membayar bukti tanda penerimaan sertifikat sebesar Rp 50 ribu.

“Biasanya memang Rp 50 ribu, tapi kalau tanahnya bermasalah itu bisa kena biaya sanksi,” ucap salah satu petugas BPN Depok.

Petugas mengatakan layanan ini buka setiap Senin hingga Jumat dari pukul 08.00-15.00 WIB, bisa menggunakan perantara atau pemohon langsung. Sementara untuk Sabtu layanan buka dari pukul 08.00 -10.00 WIB dan hanya untuk yang pemohon sendiri tanpa kuasa.

Di kesempatan terpisah, Kepala Kantor BPN Depok Dadang M Fuad mengatakan sejak 2015 BPN Depok telah melaksanakan inovasi layanan pertanahan khusus untuk pemohon langsung atau tidak dengan kuasa. Salah satunya adalah mengubah HGB menjadi SHM.

“Program one day service (in office) dari pukul 8 sampai pukul 10 pagi akan dilayani selesai 1 hari dengan jenis kegiatan Peningkatan HGB menjadi HM, Roya, pengecekan sertipikat dan penggantian nama kreditur dengan biaya Rp 50 ribu rupiah,” ucap Dadang.

Menurut Dadang, biaya murah tersebut karena pemohon tidak perlu membayar jasa notaris. “Notarisnya kan sudah disediakan oleh kantor, jadi tinggal datang langsung saja ke kantor dan tanda tangan,” katanya.

Kesimpulan:
Biaya peningkatan HGB ke SHM di BPN Depok sebesar Rp 50 ribu adalah benar bukan hoax. Hanya saja tidak bisa langsung 1 hari jadi harus menunggu 5 sampai 7 hari kerja.
(slm/mad)

 

Sumber : detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here