Tips Utama Investasi Properti Lokasi, Lokasi, Lokasi

10

Ini tips penting bagi semua orang untuk pertimbangan dalam membeli properti. Mungkin bukan hanya saat ini, tapi sudah sejak jaman dahulu, untuk menentukan lokasi dalam investasi properti.

Pengusaha properti Australia berdarah Indonesia, Iwan Sunito berbagi tips investasi properti. Iwan mengatakan faktor terpenting adalah lokasi.

“Untuk mulai berinvestasi properti, hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi, lokasi, lokasi,” kata Iwan dalam keterangan resminya, seperti dikutip melalui Detik.com.

Iwan mengungkapkan alasan faktor lokasi adalah hal yang utama adalah karena investasi jadi penentu tinggi rendahnya keuntungan investasi yang didapat nantinya.

Selain itu, Pendiri Crown Group ini juga mengatakan, reputasi pengembang dan desain bangunan juga tak kalah penting dalam berinvestasi properti.

“Daerah yang akan dan sedang berkembang lebih menguntungkan karena harga beli atau investasi awal akan lebih rendah dibandingkan daerah yang sudah jadi atau etablished,” tuturnya.

Masih soal lokasi, kawasan pinggiran menurut Iwan juga akan lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan kawasan central business district (CBD). Alasannya, peningkatan harga akan lebih terukur.

“Kemudian dekat dengan apa? Dan bagaimana dengan demografi, kondisi pasar, fasilitas umum, pertumbuhan harga, daya sewa di daerah tersebut?” kata dia.

Iwan juga memberikan contoh lokasi menjadi faktor penting dalam proyek usungannya Easlakes di kawasan timur Sydney, 6 kilometer dari pusat bisnis Sydney.

“Meskipun terletak di daerah suburb, Eastlakes juga dekat dengan daerah-daerah popular di Sydney. Demografis Eastlakes juga sangat menarik, karena 46% dari total populasi terdiri dari usia produktif yaitu 20 hingga 34 tahun, sehingga tingkat populasi sewanya mencapai 47% atau lebih tinggi bandingkan tingkat sewa rata-rata di Negara bagian NSW yang berkisar 28%,” tutur Iwan. (as)

Sumber : Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here