Tips Membuat Dapur Sederhana dan Nyaman Tempat Sempit

1473

Menata dapur agar nyaman untuk digunakan bukanlah perkara mudah, apalagi di rumah yang begitu sempit, harus pandai memanfaatkan tempat, agar menjadi nyaman dan betah untuk menggunakan. Dapur area penting untuk menghasilkan makanan untuk keluarga. kesehatan keluarga juga bisa jadi dari dapur untuk mengolah makanan menjadi siap dan higienis untuk disantap.

Mempunyai rumah dengan ukuran yang kecil memang harus pintar dalam mendesain agar ruang yang tidak terlalu besar bisa menjadi manfaat untuk semua hal yang diperlukan, misalnya saja untuk sebuah dapur dapat memanfaatkan ruangan yang sempit dan hanya diletakkan benda dan alat dapur yang pokok saja, tidak usah terlalu banyak aksesoris karena akan menghabiskan sisa ruang yang ada. Tidak perlu mewah dalam pembuatan dapur ditempat yang sempit karena yang terpenting adalah tata letak agar maksimal dan dapat dalam mendesain dapur untuk tempat memasak.

Untuk membangun sebuah dapur sederhana ukuran kecil jelas tidak akan bisa bila ditambahkan suatu meja makan atau aksesoris lainnya, karena tempat yang sempit ukuran sekitar 3×3 maka harus pintar menata agar ruangan dapat digunakan secara maksimal, jadi anda harus menyingkirkan pikiran untuk menambahkan meja makan dan aksesoris lainnya. Untuk membangun dapur pada tempat sempit maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, oleh karena itu mari kita baca tips membangun dapur kecil ukuran kurang lebih 3×3 sederhana dibawah ini:

  1. Pertama, anda harus menyesuaikan ukuran perabotan seperti kitchen set dengan bentuk dan ukuran ruangan, gunakanlah Kitchen Set yang tidak terlalu besar dan cukup mempunyai banyak rak untuk tempat peralatan dapur anda. Pilih dan gunakan kitchen set yang tidak terlalu sempit dan tidak terlalu lapang untuk ruangan dapur ukuran 3×3 and tersebut. Yang paling penting maksimalkan sudut ruangan sehingga tidak kosong di suatu sisi ruangan dapur dan jangan mensia-siakan ruangan yang kosong pada dapur anda.
  2. Kedua, anda harus pintar dalam memilih warna atau corak yang cocok untuk dapur anda sehingga dapat sesuai dengan bentuk dan nyaman dilihat. Saya sarankan untuk memilih warna-warna lembut agar dapur tidak terlihat mencolok dan kurang nyaman dipandang mata, karena ukuran dapur yang kecil maka cocok bila menggunakan warna yang kalem dan lembut.
  3. Ketiga, Tata peralatan dapur dengan ringkas. Anda harus menata perlengkapan dapur dengan menyesuaikan ruangan yang ada agar tidak menghabiskan banyak tempat dan ruang sehingga ruang dapur yang kecil tetap bisa digunakan dengan nyaman. Utamakan peralatan yang sering digunakan terutama alat untuk memasak, letakkanlah ditempat yang mudah untuk dijangkau sehingga memudahkan anda dalam bergerak. Pisahkan peralatan-peralatan yang tidak cocok, misal peralatan memasak sambel jangan dicampurkan dengan peralatan membuat kue, karena nanti bisa repot sendiri.
  4. Keempat, Perhatikan sirkulasi udara agar udara tetap segar dan tidak pengap dan pandangan keluar agar mata tidak cepat lelah. Dapur akan lebih cepat menjadi pengap karena masakan yang menghasilkan udara dan uap sehingga anda harus memikirkan akan sirkulasi udara di dapur agar uap bisa dengan mudah keluar dan udar tetap segar sehingga dapur tidak terasa pengap. Ventilasi udara jangan terlalu kecil dan lebih bagus lagi bila ada celah yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan keluar, dengan begitu maka mata juga tidak cepat lelah dan pikiran bisa lebih nyaman karena pemandangan luar membuat anda tidak cepat bosan.
  5 Cara Menata Ruangan Rumah Agar Terlihat Luas

Sebenarnya ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan, namuk ke empat hal tersebut yang menjadi pokok pada bagian yang sangat perlu diperhatikan dalam mendesain dapur berukuran kecil yang sederhana, untuk mendapatkan ide dan inspirasi untuk membangun dapur sederhana, maka disini kami berikan beberapa Gambar Dapur kecil sederhana yang bisa anda contoh.

 

Desain dapur yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya sehingga kita masih punya sisa uang untuk kebutuhan yang lebih penting, memang untuk desain dapur disini tidak saya berikan gambar yang mewah atau yang indah dan lain sebagainya, disini saya tekankan pada pemaksimalan ruangan yang sempit dan biaya yang murah sehingga desain dapur yang disajikan disini sangat sederhana dan mempunyai manfaat yang besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here