Perumahan

66

Info Lengkap Seputar Perumahan di Indonesia (Harga, Lokasi & Tipe)

Sedang mencari rumah di perumahan untuk dihuni bersama keluarga? Ya, saat ini ada banyak sekali kawasan perumahan yang dibangun oleh pemerintah serta pihak pengembang swasta.

Anda dapat memilih rumah di perumahan tertentu berdasarkan lokasi, harga dan pertimbangan lain. Sebelum mencari, ada baiknya simak penjelasan di bawah berikut.

Potensi Pengembangan Perumahan di Indonesia

Berdasarkan penjelasan yang ada, perumahan adalah sekelompok rumah atau bangunan yang dibangun bersamaan sebagai sebuah pengembangan tunggal. Bentuknya bervariasi di negara-negara manapun.

Perumahan biasanya dibangun oleh seorang kontraktor dengan hanya satu atau beberapa gaya rancangan. Hal itu membuat penampilannya jadi seragam.

Kendati demikian, sang pemilik dapat melakukan renovasi di masa depan sesuai dengan keinginan. Bahkan sejak awal, ia dapat mengajukan permintaan pembangunan dengan keinginan tertentu dan harus dikondisikan terlebih dahulu.

Fasilitas perumahan harus mencakup penyediaan air minum, pembuangan sampah, tersedianya listrik, telepon, jalan. Hal itu memungkinkan lingkungan pemukiman berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain fasilitas di atas, perumahan juga harus mendukung konsep sosialisasi sekitar. Dengan demikian, setiap penghuni rumah mampu menjalin komunikasi dan silaturahmi.

Mengutip dari KOMPAS.com, permintaan rumah dari tahun ke tahun semakin meninggi. Oleh karena itu, pembangunan perumahan terus dilakukan demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan memperkirakan hingga tahun 2025 angka kebutuhan rumah di Indonesia mencapai 30 juta unit.

“Kebutuhan akan perumahan hingga tahun 2025 diperkirakan mencapai lebih dari 30 juta unit, sehingga kebutuhan rumah baru diperkirakan mencapai 1,2 juta unit per tahun,” ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus.

Menurut dia, mengacu pada UUD 1945, setiap warga negara Indonesia harus mendapatkan tempat tinggal atau rumah layak huni.

Terkait harga, bagaimana mencari kawasan perumahan murah? Simak di bawah ini.

Cari Perumahan Murah, Jangan Abaikan Kriteria Ini

Salah satu pertimbangan yang kerap dipikirkan oleh calon pembeli rumah adalah harga. Bagaimanapun, aspek tersebut mesti disesuaikan dengan kocek pribadi.

Pertimbangan mencari perumahan murah di Indonesia mesti dipikirkan sejak awal. Pasalnya, Anda tidak hanya kan mengeluarkan biaya di awal saja, melainkan saat hendak renovasi, angsuran (jika dicicil), serta biaya bulanan seperti listrik, air, dan fasilitas sekitar.

Berdasarkan SNI 03-1733-2004 tentang Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan, lokasi lingkungan perumahan harus memenuhi kriteria yang diatur dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sesuai Peraturan Daerah setempat sebagai berikut:

  1. Kriteria Keamanan

Mempertimbangkan bahwa lokasi tersebut bukan merupakan kawasan lindung (catchment area), olahan pertanian, hutan produksi, daerah buangan limbah pabrik, daerah bebas bangunan pada area Bandara, daerah dibawah jaringan listrik tegangan tinggi.

  1. Kriteria kesehatan

Mempertimbangkan bahwa lokasi tersebut bukan daerah yang mempunyai pencemaran udara di atas ambang batas, pencemaran air permukaan dan air tanah dalam.

  1. Kriteria Kenyamanan

Kemudahan pencapaian (aksesibilitas), kemudahan berkomunikasi (internal/eksternal, langsung atau tidak langsung), kemudahan berkegiatan (prasarana dan sarana lingkungan tersedia).

  1. Kriteria Keindahan

Penghijauan, mempertahankan karakteristik topografi dan lingkungan yang ada, misalnya tidak meratakan bukit, mengurug seluruh rawa atau danau/ setu/ sungai/ kali dan sebagainya.

  1. Kriteria Fleksibilitas

Mempertimbangkan kemungkinan pertumbuhan fisik/pemekaran lingkungan perumahan yang dikaitkan dengan kondisi fisik lingkungan serta keterpaduan prasarana.

  1. Kriteria Keterjangkauan Jarak

Mempertimbangkan jarak pencapaian ideal kemampuan orang berjalan kaki sebagai pengguna lingkungan terhadap penempatan sarana dan prasarana-utilitas lingkungan.

  1. Kriteria Lingkungan Berjati Diri

Mempertimbangkan keterkaitan dengan karakter sosial budaya masyarakat setempat, terutama aspek kontekstual terhadap lingkungan tradisional/ lokal setempat.

Tak lupa, lokasi perencanaan perumahan harus berada pada lahan yang jelas status kepemilikannya dan memenuhi persyaratan administratif, baik secara teknis dan ekologis.

Setelah menyimak kriteria di atas, Anda bisa mulai mencari perumahan murah sesuai daerah incaran. Usahakan jangan mengabaikan sederet hal di atas, ya!

Penjelasan Soal Perumahan Subsidi

Salah satu cara untuk mendapatkan hunian dengan harga murah alias terjangkau serta fasilitas yang mumpuni adalah perumahan subsidi.

Perumahan subsidi adalah kompleks rumah yang diperuntukan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bentuk subsidi yang didapat dari sini bisa berupa peringanan biaya secara tunai, kredit, penambahan dana pembangunan, serta bantuan perbaikan rumah.

Segala hal terkait perumahan subsidi telah diatur oleh pemerintah dan sejumlah pihak terkait. Apakah Anda termasuk dari kalangan yang bisa mendapatkannya?

Mengutp dari situs resmi Perumnas, ini syarat untuk memperoleh rumah di perumahan subsidi:

  1. WNI yang Belum Memiliki Rumah Pribadi

Masyarakat yang belum memiliki hunian pribadi dan belum pernah menerima subsidi kepemilikan rumah merupakan target utama dalam Program Sejuta Rumah.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hal ini karena pemerataan kesejahteraan sedang diupayakan untuk seluruh masyarakat Indonesia agar bisa memiliki hunian pribadi.

  1. Syarat Pekerjaan dan Penghasilan

Jika hendak memiliki rumah di perumahan subsidi, Anda harus bekerja pada satu perusahaan minimal selama setahun. Syarat pendapatan maksimal telah ditentukan sebesar Rp4 juta.

Selain itu, mereka yang mengajukan permohanan memliki rumah subsidi harus berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.

  1. Kelengkapan Dokumen Pribadi

Jenis dokumen pribadi yang patut dipersiapkan adalah fotokopi KTP dan KK pemohon, slip gaji terakhir, fotokopi NPWP dan SPT tahunan, fotokopi rekening koran selama tiga bulan terakhir, surat pernyataan belum memiliki rumah, serta surat pernyataan belum pernah menerima subsidi rumah.

Jika dokuman tersebut sudah disiapkan, maka proses pengajuan rumah di perumahan subsidi akan berlangsung secara cepat dan lancar.

  1. Rekam Jejak Bank yang Baik

Rekam jejak bank yang baik akan memudahkan Anda terhadap segala urusan, termasuk saat hendak mengajukan KPR rumah di perumahan subsidi.

Bila Anda pernah mendapat black list atau urusan apapun terhadap bank yang belum terselesaikan, maka hal ini akan menjadi kendala saat akan melakukan pengajuan.

Apa Itu Perumahan Syariah?

Setelah membahas perumahan subsidi, ada pula konsep lain yang kini sedang populer dibahas. Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah perumahan syariah.

Pembelian rumah di perumahan syariah menggunakan kredit khusus yaitu tidak ada riba, asuransi, dan denda. Intinya, seluruh transaksi melandaskan pada aturan islam alias syariah.

Perumahan syariah memiliki ciri spesifik yang menekankan sejumlah aspek keislaman, contohnya:

– Akad jual-beli

– Transaksi dua pihak antara pihak pengembang dan pembeli

– Tidak ada asuransi

– Tidak menjaminkan barang yang diperjual-belikan

– Tidak ada denda

– Tidak ada sita jika kredit macet atau hal lainnya

Konsep yang dijelaskan di atas memiliki perbedaan sendiri dengan perumahan subsidi. Pilihan ini kembali lagi pada Anda sebagai pembeli.

Setelah memahami metode pembayaran yang berbeda, jangan lupa untuk memperhatikan model perumahan yang hendak dicari. Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini.

Model Perumahan Minimalis Idaman Keluarga

Apa model rumah idaman Anda? Ya, segala bentuk hunian dapat dibangun sesuai keinginan hati. Meski begitu, Anda harus menyesuaikan hal itu dengan dana pribadi.

Saat ini, banyak perumahan minimalis dengan model sederhana yang mampu menjadi idaman bagi Anda dan keluarga.

Berbagai macam tipe tersedia mulai dari tipe 21, 36, 45, 70 dan jumlah lantai. Intinya, perumahan minimalis menyediakan model rumah yang sederhana namun nyaman untuk dijadikan hunian.

Rumah minimalis mengusung desain yang simpel dengan luas yang tidak terlalu besar. Hal ini telah diatur oleh pemerintah agar seluruh masyarakat dapat memaksimalkan penyediaan perumahan subsidi.

Meski begitu, Anda anda dapat memaksimalkan gaya pada eksterior dan interior rumah seperti yang kini sedang populer di kalangan masyarakat.

Ciri rumah minimalis yakni memiliki bentuk yang tegas yakni menampilkan bentuk kotak dan sudut persegi ruangan. Atapnya rata-rata dibuat datar dengan penataan halaman depan yang mungil.

Anda dapat menciptakan kesan yang lega denga ruangan-ruangan yang dibuat lebih terbuka dan mengurangi sekat di dalam rumah. Lalu maksimalkan pencahayaan agar tampak lebih indah.

Perumahan Unik, Menarik untuk Dilirik!

Pihak pengembang membangun perumahan subsidi dengan pakem desain masing-masing. Di tengah keberagaman tersebut, ada juga pihak-pihak yang membangun perumahan unik.

Berdasarkan daftar yang disajikan Housing-estate.com, simak konsep perumahan unik di sejumlah daerah sebagai berikut:

  1. Rumah Beratap Kurva – Cibubur, Jakarta Timur

Bentuk atapnya menyerupai kurva hasil asimilasi dan modernisasi dari atap pelana. Atap tersebut diolah menerus dari atas ke bawah sehingga tidak ada bidang terbuka di lantai dua.

Sebagai gantinya, sebagian atap dibuka selebar dua meter kemudian dibuatkan balkon yang berfungsi sebagai skylight untuk memasukkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara.

  1. Rumah Bersayap – Pasteur, Bandung

Rancangan bangunan rumah ini dikembangkan dengan cara desain atap naik turun di sebelah kiri dan kanan, sehingga menyerupai sayap.

Atap tersebut lantas tampak berbeda ketinggian. Untuk mengubungkan dua sayap ini dibuat jembatan melintang di tengah ruang dengan pagar kaca transparan.

  1. Rumah ala Harry Potter – Jakarta

Perumahan unik ini menganut konsep terrace houses, rumah pekerja di Inggris yang berdempet-dempet. Menurut pengembangnya, rancangan rumah ini merupakan versi tropis dari rumah Harry Potter.

Ada unsur kayu, kanopi, dan teras di depan menyatu dengan taman. Fasadnya cukup menarik menyeimbangkan dinding transparan melalui kaca lebar dengan dinding masif.

  1. Rumah Tak Berwajah – Bintaro, Jakarta Selatan

Rumah di perumahan unik ini seolah tidak menampakkan pintu dan jendela. Pintu utama hanya berupa pintu kaca geser berdampingan dengan dinding solid.

Eksterior bangunan ditampilkan dalam bentuk tinggi rendah, maju-mundur, dan permainan warna gelap-terang. Model rumah ini terkesan seperti sculptural sehingga tampak berbeda.

  1. Rumah Melingkar dengan Atap Beton – Sentul, Bogor

Rumah dirancang simpel dan banyak bukaan, seolah sama saja dengan bangunan perumahan pada umumnya. Tapi kesannya menjadi beda dan unik karena massa bangunan berbentuk L.

Eksterior rumah ditambahkan bangunan berbentuk lingkaran dalam balutan dinding penuh kaca. Dua massa bangunan berbeda langgam ini disatukan dalam bingkai atap dari dak beton.

Jangan Sampai Ketinggalan Info Perumahan Baru!

Mulai dari prospek pembangunan, metode pembayaran hingga aspek lainnya terkait perumahan subsidi, telah dijelaskan secara rinci di atas.

Lantas, bagaimana caranya agar Anda tak ketinggalan info perumahan baru yang sedang dibuka oleh pemerintah maupun pihak pengemang swasta?

Mudah, kok! Cara pertama adalah rajin menghadiri pameran properti yang sering diadakan di sejumlah tempat. Dengan begitu, Anda tidak akan ketinggalan info perumahan baru.

Sejumlah bank di Inodnesia juga enggan ketinggalan untuk memberikan informasi seputar perumahan subsidi. Mereka juga turut menjelaskan cara melakukan pembayaran baik secara tunai maupun cicilan.

Sebagai contoh, simak 3 iklan aktif perumahan subsidi yang dipampang di bawah ini:

  1. Perumahan Subsidi Mojokerto

Disediakan rumah tipe 30/72 yang memiliki harga termurah di kelasnya. Bangunan berada dalam kondisi yang baik, proses cepat, legalitas aman dan Anda dapat survei langsung ke lapangan.

  1. Perumahan Subsidi Kedungrejo

Perumahan subsidi ini berada di Graha Kedungrejo, Malang, Jawa Timur. Lingkungan kompleks didesain secara asri dan alami, cocok bagi Anda yang menginginkan nuansa natural.

  1. Perumahan Subsidi Tangerang

Lokasi perumahan ini berada di kawasan Cisoka, Tangerang. Lokasi strategis dan dekat dengan akses kereta, tol, rumah sakit, sekolah, POLSEK, kantor polisi, pasar dan sebagainya.

***

Tidak hanya tiga di atas saja, masih banyak iklan perumahan subsidi yang dapat Anda telusuri. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini!

Cara Tepat Cari Perumahan Baru Dijual

Eksplor berbagai iklan aktif terkait perumahan baru dijual secara spesifik dengan fitur “Pencarian Pintar”.

Ya, fitur ini praktis dan dapat diterapkan kapan saja serta di mana saja. Anda cukup mengetik kata kunci sederhana seperti “Perumahan Subsidi di Bandung” atau daerah mana saja sesuai kebutuhan pribadi.

Bahkan, Anda dapat menambahkan kata kunci yang lebih spesifik lagi seperti “Perumahan subsidi di bawah Rp150 juta Bandung”. Secara otomatis, sistem pencarian akan menuntun Anda pada hasil yang diinginkan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memperkirakan pengeluaran dengan menggunakan fitur “Kalkulator KPR” yang juga disediakan.

Caranya adalah memasukkan nominal uang muka, perhitungan bunga, serta rincian lain terkait perumahan baru dijual yang sudah Anda incar dari jauh hari.

Mudah, bukan? Dengan begitu, perumahan yang Anda inginkan bisa didapat tanpa harus berlama-lama mencari.

Semua hal terkait hunian properti idaman, dapat Anda wujudkan. Selamat mencari!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here