Perlu Mengetahui 5 Hal ini Sebelum Berinvestasi Condotel

1110

Condotel atau Condominium yang dikelola  secara manajemen hotel dengan fasilitas dan layanan berkualitas tinggi. Pemilik condotel dapat memanfaatkan untuk rumah tinggal saat berlibur. Jika tidak digunakan diserahkan ke pengelola untuk disewakan.

Ketika disewakan maka pemilik memperoleh  passive income tanpa repot, sebab proses penyewaan condotel pada orang lain akan diurus oleh manajemen gedung dengan catatan  laba dari hasil penyewaan akan dibagi antara pemilik dan manajemen.

Walaupun menguntungkan, jangan langsung memutuskan terjun ke investasi condotel. Portal properti terkemuka, Lamudi Indonesia, telah menyusun lima aspek berikut, yang penting untuk diketahui.

Konsep. Sebagai properti sekunder, pemilik tidak diizinkan menghuni condotel lebih dari jangka waktu yang telah ditetapkan per tahun (biasanya tidak lebih dari 30 hari). Karena itulah, tak bisa menjadikan sebagai rumah pada umumnya.

  1.  Lokasi memainkan peranan penting dalam menentukan seberapa optimal hasil yang didapatkan. Selalu perhatikan target pasar. Jika targetnya  kelas menengah ke atas, misalnya, pilihlah condotel yang berlokasi di kawasan premium.
  2. Belilah condotel dari pengembang yang memiliki track record yang baik. Sehingga properti tersebut pasti dibangun setelah mempertimbangkan potensi lokasi. Fasilitas dan infrastrukturnya memadai, lengkap dengan akses ke gedung, dan tentu saja konstruksi yang berkualitas.

Manajemen gedung. Pilihlah brand atau merek manajemen gedung dari jaringan hotel yang tepercaya—sehingga tidak mencemaskan pengelolaannya ketika tak ada di tempat karena brand-nya sudah terkenal dan berpengalaman. Penyewa pun merasa tak ragu lagi menggunakannya.

  1. Membeli condotel bisa jadi lebih rumit daripada membeli rumah atau apartemen karena perawatannya akan diserahkan kepada pihak ketiga. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan di masa depan, perhatikan dokumen kesepakatan sebelum menandatangani. Bacalah kontrak dengan hati-hati, pahami seluruh pasalnya. Cari tahu juga berapa biaya pemeliharaan, pembagian keuntungan dengan manajemen gedung, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here