Meikarta : Kota Modern Nuansa Alam Dengan Fasilitas Bintang 5

811

Istilah tentang kota modern Meikarta Cikarang sepertinya terdengar asing di telinga kita. Kota mandiri ini baru saja direncanakan dan mulai dibangun sejak Bulan Januari Tahun 2016 di wilayah Cikarang, Bekasi Jawa Barat. Namun namanya tiba-tiba saja mencuat keatas. Hal ini disebabkan karena Lippo sukses memasarkan apartemen pada saat grand launching pertama pada Tanggal 13 Mei 2017 yang lalu.

Kenapa bisa dibilang sukses? Hal ini dibuktikan dengan terjualnya apartemen kota modern Meikarta pada saat hari pertama launching di Maxxbox Lippo Cikarang.  Mereka mencatat angka penjualan yang sangat fantastis, yaitu di angka 16.800 unit.

Atas pencapaian ini, kota modern Meikarta mendapat penghargaan rekor dari MURI atas penjualan apartemen terbanyak dalam tempo satu hari.

Jika ingin diteliti sebenarnya apa yang membuat kota tersebut bisa mencetak rekor penjualan? Strategi utama yang digunakan oleh Lippo adalah dengan menerapkan harga jual yang murah namun ditunjang oleh fasilitas Meikarta yang memukau.

 

Kota Modern Meikarta Cikarang

Meikarta merupakan salah satu kota modern dengan budget anggaran sebesar 278 Triliun rupiah. Kota ini dibangun di area seluas 22 juta m2 di wilayah Cikarang Bekasi. Proses pembangunan sarana dan prasarana apartemen sudah dimulai sejak awal tahun 2016.

Pihak Lippo Group merencanakan akan segera menyelesaikan pembangunan 50 Tower apartemen pencakar langit berlantai 35 hingga 46 lantai dan siap dihuni hingga akhir Desember Tahun 2018.

 

Meikarta Ciakarang Launching Apartemen Baru Type Studio di Tower S

Mendapat sukses besar pada saat launching pertama, tidak membuat pihak Manajemen Lippo Group terlena. Mereka ingin mengulangi rekor tersebut bahkan ingin melampaui rekor penjualan sebelumnya dengan mengeluarkan produk baru yang sangat diminati dan dibutuhkan oleh pasar.

Produk baru ini justru lahir karena banyaknya permintaan pasar pada saat launching pertama, diamana konsumen menginginkan dibangunnya type apartemen yang lebih kecil dengan harga yang lebih terjangkau.

Dengan adanya permintaan pasar tersebut, pihak Manajemen kota modern Meikarta Cikarang mengeluarkan produk baru yaitu apartemen Tower S, yang terdiri dari Type Studio (1 bedroom) ukuran 21,91 m2,  Type 2 Bedroom ukuran 33,37 m2, 35,76 m2, dan 3 Bedroom ukuran 50,42 m2.

Walaupun terdapat ukuran apartemen yang lebih besar di Tower S ini, namun harga yang ditawarkan relatif murah yaitu 10 juta per m2 dengan discount harga 42%. Dari gambar perencanaan satu lantai terdiri dari 40 unit apartemen.

Acara Launching produk baru untuk type studio dan type lainnya akan diselengarakan pada Tanggal 17 Agustus 2017. Alamatnya di Meikarta Grand Showcase – MaxxBox Lippo Cikarang, tepatnya di Jalan OC Boulevard Utara Orange County, Bekasi – Jawa Barat. Jika melalui jalan Tol Jakarta-Cikampek.  Untuk menuju lokasi Meikarta ini melalui exit tol Cibatu.

Pada launching produk kedua ini, disamping memasarkan type studio dan type 2-3 Bedroom di Tower S, Pihak Manajemen Lippo Group juga masih tetap memasarkan apartemen type lainnya yang lebih tinggi kelasnya. Produk yang dipasarkan mulai dari type ukuran 42,58 m2 hingga Type 98,29 m2 yang terdiri dari 2 bedroom hingga 4 bedroom untuk Tower A dan B.

 

Harga Unit Apartemen Meikarta Cikarang

Banyak kalangan yang menilai bahwa dengan adanya laounching produk baru ini justru akan melampaui rekor penjualan sebelumnya karena harga yang ditawarkan adalah 10 juta per m2 dengan discount 42%, sehingga harganya menjadi senilai 5,8 juta per m2.

Dengan demikian jika dikalikan dengan harga per m2 maka harga apartemen Meikarta Cikarang untuk Tipe Studio ukuran 21,91 lebih kurang senilai 127 juta rupiah. Harga penawaran ini khusus buat mereka yang telah memesan apartemen sebelum grand launching pada Tanggal 17 Agustus 2017.

Untuk tipe apartemen lainnya, harga Meikarta dipasarkan di kisaran 12,5 juta per m2 dengan discount harga hingga 44%. Harga netnya lebih kurang 7 juta per m2, dan harga tersebut bisa dikatakan relatif murah karena ditunjang dengan fasilitas sarana dan prasarana setara dengan apartemen kelas atas.

 

Strategi Pemasaran Apartemen Meikarta Cikarang

Suatu penetapan strategi harga jual yang kurang masuk diakal dengan memperhitungkan kondisi harga bahan baku yang sangat tinggi saat ini. Mengapa mereka berani melakukan penetapan strategi harga seperti ini?

Kemungkinan besar hal ini diterapkan oleh Manajemen Lippo Group adalah untuk memancing para investor properti untuk terjun langsung dan terlibat saat awal, mengingat kondisi apartemen yang baru dibangun dan lokasinya di sekitar kota modern Meikarta Cikarang ini belum begitu ramai.

Namun apabila sarana dan prasarana sudah mulai dibangun dan sebagian apartemen yang telah selesai mulai dihuni oleh pemiliknya akan membuat lokasi ini semakin ramai dan mulai kelihatan denyut nadinya. Dengan demikian apakah harganya akan tetap seperti itu?

Di saat itulah Manajemen Lippo Group akan meraup keuntungan yang besar dimana harga jualnya akan naik berlipat ganda, seperti strategi yang pernah mereka terapkan ketika mulai membangun kota mandiri Lippo Karawaci di Tangerang.

Selain penetapan harga yang murah pihak Lippo Group juga menerapkan strategi promosi yang menghabiskan budget yang begitu besar. Hal ini ini bisa terlihat dari iklan mereka di stasiun TV Swasta. Website official mereka meikarta.com juga dipromosikan melalui pemasangan iklan di google adwords.

Promosi lainnya yaitu melalui surat kabar, media sosial, papan bilboard, media cetak, baliho, brosur, poster yang tersebar di segala penjuru kota besar di Indonesia. Promosi ini terutama tanpak jelas untuk wilayah Jakarta dan Bekasi.

 

Type Apartemen Meikarta Cikarang

Seperti jenis apartemen pada umumnya, type apartemen meikarta dipasarkan dengan ukuran luas sebagai berikut :
1 bedroom Type Studio luas 21,91 m2 ;
2 bedrom luas mulai 36,93 m2 hingga 62,30 m2 ;
3 bedroom luas mulai 64,92 m2 hingga 75,23 m2 ;
4 bedroom luas mulai 82,98 m2 hingga 98,29 m2.

Dengan perencanaan disain type yang beragam ini, kota modern Meikarta Cikarang bisa menampung seluruh permintaan pasar mulai dari kelas ekonomi menengah hingga atas.

 

Fasilitas Apartemen Meikarta Cikarang

Dipasarkan dengan harga yang relatif murah namun kota modern Meikarta menyediakan fasililitas sarana dan prasarana umum yang sangat luar biasa. Hal ini terlihat jelas dari perencanaan disain tata ruang dan fasilitas umum yang akan dibangun.

  • Central Park of 100 Ha
  • International Olympic Center
  • Top 3 Universities
  • TOP 5 High Schools & 10 Primary schools
  • International Hospital
  • Direct Access Toll Gate
  • Mall 300,000 m2
  • International Finance Centre
  • Industrial Research Centre
  • Convention Centre 200,000 people capacities
  • City Library
  • Opera Theatres
  • Indonesian Sillicon Valley
  • 5 Star International Hotels
  • 4 Layers of Coherent Internal Road Network

 

Perencanaan fasilitas apartemen Meikarta lebih tepat disamakan dan dikategorikan untuk golongan apartemen kelas mewah seperti layaknya apartemen papan atas yang ada di Jakarta.

Selain fasilitas umum, kota modern ini juga akan terangkat dimana saat ini telah dibangun jalur transportasi bertaraf internasional seperti :

  1. Bandara Internasional Kertajati ;
  2. Pelabuhan laut Petimban,
  3. LRT (Light Rail Transport) jalur Cawang – Bekasi Timur – Satasiun Cikarang , dan Monorail,
  4. Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek,

Dengan dibangunnya fasilitas ini akan lebih mempermudah akses menuju kota modern tersebut.

 

Fasilitas Pembiayan KPA Meikarta Cikarang dan Support Perbankan

Pihak Lippo Group berkomitmen penuh akan mensupport para calon konsumen potensial mereka melalui fasilitas pembiayaan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Mereka support melalui Nobu International Bank dimana Lippo merupakan pemegang saham mayoritas Bank tersebut.

Selain itu ada 4 rekanan Bank lainnya yang sudah melakukan kerjasama pembiayaan KPA diantaranya : Bank BTN, CIMB Niaga, Panin Bank, dan bank Muamalat.

Suku bunga per Tahun yang diterapkan oleh kelima Bank tersebut untuk fasilitas kredit KPA selama 15 Tahun, adalah sebagai berikut :

  1. Nobu National Bank, suku bunga tetap (Fixed Rate) untuk 5 tahun pertama adalah sebesar 7,75%. Sisanya suku bunga anuitas (Floating Rate) sebesar 12% untuk tahun ke-6 hingga tahun ke-15 ;
  2. Bank BTN, suku bunga tetap 8% untuk 3 Tahun pertama, 9% untuk tahun ke-4 hingga Tahun ke-5. Sisanya suku bunga anuitas 11% untuk Tahun ke-6 sampai dengan Tahun ke-15 ;
  3. CIMB Niaga, fixed Rate 3 Tahun pertama 6,75%, 7,25% untuk Tahun ke-4 hinga ke-5. Sisanya hingga tahun ke-15 menerapakan suku bunga anuitas sebesar 11% ;
  4. Panin Bank, suku bunga tetap 6,88% sampai dengan 2 tahun pertama, 7,58% hingga tahun ke-3 , 8,68% sampai dengan tahun ke-5. Sisanya bunga anuitas 12,5% hingga tahun ke-15 ;
  5. Bank Muamalat, Tenor 5 tahun Fixed Rate 5% sampai dengan tahun ke-3. Tenor 10 Tahun Fixed Rate 5% sampai dengan tahun ke-6. Tenor 15 Tahun Fixed Rate 7,77% hingga tahun ke-7. Sisanya penerapan suku bunga anuitas peningkatannya disesuaikan dengan kenaikan pendapatan nasabah.

 

Kesimpulan

  1. Meikarta Ciakarang kedepannya bisa menjadi salah satu kota kota modern dengan fasilitas sarana dan prasarana bertaraf internasional. Dapat dijadikan alternatif pilihan bagi pelaku bisnis yang ingin melakukan eksapansi usahanya ;
  2. Saat dimulainya pembangunan kota modern Meikarta ini sangat cocok diperuntukkan bagi mereka yang ingin menginvestasikan dana yang mereka miliki. Resiko investasi yang tergolong minim serta memiliki nilai Return of Investment (ROI) yang cukup tinggi di masa yang akan datang ;
  3. Lokasi Cikarang dikelilingi oleh pabrik dan industri dengan skala internasional. Para pekerja disana dapat menjadikan proyek kota modern Meikarta Cikarang ini sebagai obyek pembelajaran investasi yang sangat tejangkau jika dibandingkan dengan pendapatan rata-rata yang mereka peroleh saat ini.
  4. Mendapatkan fasilitas pembiayaan KPA yang lebih mudah. Kota modern Meikarta ini disupport oleh pengembang Lippo Group yang memiliki mayoritas saham di Nobu International Bank.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here