Cara Tepat Memilih Rumah yang Baik di Perumahan

771

Apakah anda ingin mencari rumah? Tidak semua lokasi perumahan cocok untuk dijadikan pilihan. Perlu pemikiran lebih matang dalam menentukan lokasi perumahan yang tepat, karena perumahan yang kita beli akan menjadi tempat tinggal kita hingga bertahun tahun lamanya, bahkan hingga akhir hidup kita. Rumah atau tempat tinggal harus memiliki beberapa persyaratan agar menjadi sebuah rumah yang layak huni, nyaman ditempati, dan memberikan berbagai kemudahan bagi kita saat tinggal di sekitar rumah tersebut.

Berikut adalah beberapa cara menentukan lokasi perumahan yang tepat. Semoga bisa dijadikan referensi Anda dalam memilih lokasi perumahan yang tepat!

1. Pastikan lokasi akan lebih strategis
Lokasi strategis adalah lokasi yang segala fasilitas kehidupan terpenuhi. Fasilitas kehidupan yang dimaksud adalah fasilitas sosial seperti sekolah dan madrasah, fasilitas ekonomi seperti pasar, mall, supermarket, tempat kerja, dan lain sebagainya, dan fasilitas hiburan seperti taman, arena bermain, dan lain sebagainya. Jika semua fasilitas tersebut terdapat di sekitar kawasan perumahan yang dipilih, maka kawasan tersebut sangat strategis untuk dipilih. Walaupun secara harga perumahan di kawasan ini akan cukup mahal, tetapi semuanya akan terbayar dengan berbagai kemudahan yang kita dapatkan.

2. Pastikan lokasi aman dari bencana
Walaupun bencana adalah hal yang diluar nalar manusia, yakni tidak bisa ditentukan kapan dan bagaimana terjadinya! Tetapi kita sebagai manusia diberikan akal dan pikiran untuk melakukan analisa tentang keadaan geografis sebuah wilayah. Di Jakarta misalnya, ada beberapa kawasan yang setiap musim hujan selalu tergenang banjir. Atau di kawasan pegunungan misalnya, ada beberapa wilayah yang setiap musim hujan terjadi longsor. Karena itu, perhatikan dan tanya kepada penduduk setempat yang sudah cukup lama tinggal disana tentang peluang bencana yang akan dialami oleh mereka. Entah itu bencana banjir atau bencana yang lainnya, pasti tidak ingin kita alami bukan?

3. Pastikan infrastruktur memadai
Kehidupan tidak akan lepas dari fasilitas infrastruktur, karena dengannya segala kegiatan dan aktivitas kita menjadi lebih mudah. Infrastruktur yang dimaksud adalah akses jalan yang lancar, fasilitas listrik, dan fasilitas air bersih. Tanyakan lebih lanjut tentang semua infrastruktur tersebut kepada pengembang properti sebelum anda mengajukan kpr rumah, karena disebagian wilayah perumahan ada yang belum memadai dalam urusan air bersihnya (kalaupun ada, masih dijatah dan diatur sesuai dengan ketersediaannya). Jika tidak selektif dalam memilih perumahan yang belum memadai infrastrukturnya, bisa bisa kita merasa tidak nyaman saat menempati rumah tersebut.

Demikianlah beberapa cara menentukan lokasi perumahan yang tepat. Jangan sembarangan dan serampangan dalam menentukannya. Dan sebagai akhir pembahasan ini, pastikan juga lokasi perumahan yang dipilih memilki tingkat keamanan dan kenyamanan bertetangga yang cukup baik, karena akan kurang nyaman jika kita tinggal di kawasan elit yang rawan pencurian, atau kawasan asri yang hubungan bertetangganya kurang harmonis.

Membeli rumah hampir sama rumitnya dengan mencari pasangan hidup karena akan menjadi milik kita selamanya. Memilih rumah yang baik akan cukup menyita energi karena kita harus hati-hati untuk menghindari salah langkah dan kecewa dikemudian hari. Memilih rumah di perumahan misalnya, bisa menjadi satu alternatif untuk kamu yang kebetulan sedang mencari rumah.

Rumah di perumahan otomatis akan memberikan kamu banyak keuntungan misalnya tetangga baru dan pengalaman baru hidup bersama dengan komunitas besar. Saat ini banyak pengembang yang membangun perumahan. Mulai dari pengembang kecil yang membangun sepuluh hingga dua puluh rumah, hingga pengembang kelas kakap yang sanggup membangun ratusan rumah dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Selain pembangunan rumah, para pengembang juga membangun pertokoan, fasilitas umum dan sarana olahraga untuk menarik perhatian calon pembeli.

Untuk kamu yang tertarik membeli rumah di kawasan perumahan, baiknya melakukan beberapa hal di bawah ini.

Mengumpulkan Brosur

Courtesy: konsultantokoonline.com

Courtesy: konsultantokoonline.com

Banyak perumahan yang menawarkan banyak hal untuk calon pembeli seperti kamu. Kini yang harus kamu lakukan mencari informasi sebanyak-banyaknya soal aneka perumahan terbaik termasuk juga harga-harganya. Kumpulkan brosur-brosur promosi perumahan. Teliti semua kemudahannya juga harganya. Pastikan juga perumahan yang kamu incar memiliki kemudahan akses untuk kendaraan umum atau jalan tol bila  berada di pinggiran kota.

Survei

Courtesy: sp.beritasatu.com

Courtesy: sp.beritasatu.com

Langkah ini bisa disebut langkah kelanjutan dari informasi yang sudah kamu dapatkan. Kamu bisa langsung mengunjungi rumah yang kamu incar dari beberapa informasi yang kamu dapatkan.

Setelah mengunjungi rumah yang diincar, kamu tidak perlu langsung memutuskan. Karena masih banyak perumahan-perumahan di sekitar yang bisa kamu bandingkan sebelum mengambil keputusan.

Yang harus diketahui saat melakukan survei rumah di kawasan perumahan misalnya:

  • Arah Rumah

Courtesy: www.primbonbahasajawa.com

Courtesy: www.primbonbahasajawa.com

Hal ini perlu  untuk mengetahui datangnya sinar matahari. Pilihlah rumah yang menghadap sinar matahari pagi karena lebih sehat dan malamnya kondisi rumah kamu tidak akan panas.

  • Taman

Courtesy: http://areamagz.com/

Courtesy: http://areamagz.com/

Apakah rumah tersebut menyediakan taman dan fasilitas umum seperti sarana olah raga dan lain-lain. Fasilitas taman saat ini diperlukan untuk bersosialisasi dengan sesama warga, dan juga taman bermain bagi anak-anak bagi kamu yang sudah berkeluarga.

  • Posisi Rumah

Courtesy: www.forestwander.com

Courtesy: www.forestwander.com

Posisi rumah akan menentukan harga rumah di sebuah perumahan. Misalnya kita mendapatkan posisi rumah di pojokan, maka harganya akan lebih tinggi dibanding rumah yang terletak ditengah-tengah.  Perlu diketahui posisi hook atau pojokan ini sering jadi incaran banyak pembeli karena kamu bisa mengembangkan rumahmu dengan ukuran yang lebih besar.

  • Kondisi Keamanan

Courtesy: komunikasi.um.ac.id

Courtesy: komunikasi.um.ac.id

Pastikan perumahan memiliki fasilitas keamanan seperti satpam atau CCTV. Ini penting untuk rumah masa depan kamu. Beberapa perumahan kecil sering tidak menyediakan fasilitas ini.

Status Rumah

Courtesy: nirwanagemilangproperty.com

Courtesy: nirwanagemilangproperty.com

Biasanya pengembang menyediakan dua pilihan, siap huni atau inden (pembelian barang dengan cara memesan atau membayar lebih dahulu).

Rumah siap huni biasanya rumahnya sudah jadi dan siap ditempati. Kamu bisa melihat rumah secara langsung dan bisa langsung menempati saat sudah membayar atau kreditnya disetujui bank.  Sementara rumah inden artinya kamu hanya bisa memilih lokasi dari gambar peta situs perumahan kemudian menunggu 8 bulan hingga dua tahun untuk proses pembangunan rumah.

Harga Rumah

Courtesy: denmanislandproperty.com

Courtesy: denmanislandproperty.com

Kamu harus bertanya pada pengembang secara teliti. Apakah harga rumah sudah termasuk PPN 10%, biaya Akta Jual Beli (AJB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan (BPHTB) dan biaya KPR (provisi, notaris, administrasi, asuransi jiwa).  Bisa juga kamu meminta diskon khusus harga rumah bila seandainya pengembang tidak membayar biaya-biaya tadi.

Kamu juga bisa bertanya apakah pengembang sudah memiliki kerja sama dengan bank untuk kepengurusan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Biasanya kepengurusan KPR di bank yang menjadi langganan pengembang akan memudahkan kamu mendapatkan fasilitas KPR. Tentu saja bila kamu memenuhi syarat.

Untuk mengetahui bank mana saja yang memberikan KPR terbaik, silakan gunakan alat perbandingan KPR di website kami, halomoney.co.id.

Garansi Kerusakan

Courtesy: propertykitacom.blogspot.com

Courtesy: intisari-online.com

Jangan lupa untuk hal yang satu ini yaitu, garansi kerusakan rumah yang kamu beli. Biasanya garansi diberikan selama 3 bulan dari proses serah terima rumah. Waktu tersebut dapat kamu gunakan untuk meminta perbaikan gratis apabila rumah kita bocor, dinding retak atau kerusakan-kerusakan lainnya.

Nah sudah tahu kan, cara cerdas dalam memilih rumah. Bandingkan seluruh informasi yang sudah kamu dapat dari brosur dan pameran perumahan sebelum kamu menentukan pilihan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here