70 Persen Pasar Semen Puger di Tapal Kuda

525

Pasar Semen Puger 70 persen masih dominan di wilayah Tapal Kuda. Sebagaimana berikut liputandari media Online Beritajatim.com. Mayoritas pasar Semen Puger yang diproduksi di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, adalah kawasan tapal kuda. Perusahaan berharap menjadi semen lokal resmi yang digunakan pembangunan infrastruktur di Jember.

“Pangsa pasar terbesar tapal kuda, terutama Jember, Banyuwangi, Lumajang, dan Probolinggo. Tapal kuda saja bisa menyerap 70 persen. Sisanya Kebumen, Cilacap, Magelang,” kata Ponimin, distributor resmi Semen Puger.

Semen Puger optimistis bersaing dalam aspek harga dan kualitas. “Bahan baku ada di sekitar kami. Pabrik dekat dengan gunung (yang jadi pemasok bahan baku). Jadi biaya produksi kami lebih kecil dibandingkan semen merek lain. Tapi kendati lebih murah, bukan berarti kami murahan,” kata Ponimin.

Tahun 2016 ini, perusahaan bermaksud menambah kapasitas produksi menjadi tiga ribu ton dari seribu ton perhari. “Kami harus melakukan pembebasan lahan untuk menyiapkan 20 hektare lahan lagi. Sementara ini lahan yang sudah aktif digunakan 12 hektare,” kata Ponimin.

Ponimin berharap ada upaya menjadikan Semen Puger sebagai bahan baku pembangunan infrastruktur di Jember. “Saya minta Jember sendiri memakai Semen Puger, penguatan pasar lokal,” katanya. Di Lumajang, untuk pengecoran di kawasan jalur lintas selatan sudah menggunakan Semen Puger.

Sumber: Beritajatim.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here